Rabu, 16 November 2011


TIPS 'n TRIK PERCAYA DIRI PART I

  1. First, U Must Love U'r Self
Harga diri bisa didefinisikan sebagai penerimaan diri, kepuasan diri, menghormati diri sendiri, dan merasa diri ini berharga. Kamu harus mampu menghadapi masalah yang datang dalam kehidupan sehari-hari, awalnya dari masalah yang paling ringan dulu. Hargai setiap keberhasilan yang kamu dapatkan sekecil apa pun sehingga kamu akan terus berusaha. “Belajarlah dari kegagalan dengan tenang dan teruslah berusaha.
  1. Persepsi adalah kunci
Kepribadian bisa didefinisikan sebagai ciri-ciri seorang individu secara keseluruhan yang tampak pada dirinya. Ciri-ciri ini selalu stabil, yaitu tidak berubah dengan waktu dan diperlihatkan dalam bentuk yang berlainan. Ciri-ciri ini memegang peran penting dlam menjelaskan identitas seseorang yang membedakannya dari orang lain. Sifat kepribadian dapat dilihat dengan mudah melalui tiga sudut, yaitu :
      a. Perwatakan
      b. Bakat dan Kepandaian
      c. Motivasi Diri

Di antara ketiga aspek kepribadian tersebut, motivasi diri atau persepsi diri adalah aspek yang paling terbuka untuk berubah sepanjang hidup kita dan itu merupakan acuan bagi interaksi kita dengan keluarga tempat kita dibesarkan, adat budaya, kepribadian orang-orang yang berhubungan dekat dengan kita, dan juga
peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang hidup kita.

  1. Berawal dari kita sendiri
  2. Hadapi Dunia Nyata
Beranilah mengambil resiko alias hadapilah dunia ini. Lebih buruk berdiam diri dan tidak berbuat apa-apa dari pada maju bertumbuh dengan mengambil resiko. Ingat : No Risk, No Gain!!!
  1. Lepaskan Masa Lalu
  2. Cari Teladan
  3. Tingkatkan Kemampuanmu Memecahkan Masalah
  4. Apa Yang Kamu Banggakan? Kenapa Tidak Ditonjolkan
Kebanyakan dari kita merasa bahwa kita memiliki kemampuan lebih dari apa yang kita perlihatkan, tetapi tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah keadaan.
  1. Lihat Dirimu Secara Menyeluruh

Lihat Dirimu Secara Menyeluruh sehingga kamu tau siapa kamu sebenarnya. Percayalah bahwa setiap hambatan, hampir bisa dipastikan datang dari dalam diri sendiri. Setiap hambatan akan mensabotase dengan mencegah diri kamu dari mengambil tindakan. Tindakan adalah segala aktivitas yang membuat hidup kamu menjadi lebih baik. Resep keberhasilan adalah tindakan, dan untuk bisa bertindak, kamu perlu percaya diri.
  1. Mintalah Orang Lain Melihat Diri Kamu

Orang yang berani membuka kekurangan orang lain, itu biasa. Orang yang berani membincangkan orang lain, itu tidak istimewa. Sebab, itu bisa dilakukan orang yang tidak memiliki apa pun. Namun, jika ada orang yang berani melihat kekurangan diri sendiri, bertanya tentang kekurangan itu secar sistematis, lalu dia buat sistem untuk melihat kekurangan dirinya. Itulah yang luar biasa.
Sejak sekarang miliklah kawan yang bisa menjadi kontributor dalam memberitahukan kekurangan kita dan luangkanlah waktu untuk mencatat kekurangan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar