Selasa, 22 November 2011



Tips Belajar Cepat




Ujian Segera tiba, tapi belum belajar??? Eiitsss, harus belajar dengan Sistem Kebut Semalam(SKS)?? ooohhh tidak boleeeh... mending ikut tips ini.

  1. Belajar Kelompok
Kalau belajar bersama teman, kita bisa saling bertukar ilmu. Mungkin ada pelajaran yang kita engga mengerti, tapi teman kita lebih mengerti, dan sebaliknya. Selain itu, belajar bersama teman menjauh kan kita dari rasa malas dan mengantuk seperti kalau belajar sendiri. Tapi jangan kebanyakan ngobrol, yaah! Belajar bersama juga bisa mengasah kebersamaan dan saling membantu.

  1. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Biasa kan membuat catatan yang lengkap. Kalu catatanmu engga lengkap, segera pinjam catatan temanmu yang lengkap. Membaca catatan lebih ringkas dan lebih cepat daripada membaca keseluruhan isi buku teks. Buat catatan kecil hal-hal penting. Seperti rumus hitungan, singkatan atau apa saja yang kamu anggap perlu. Nah, dar catatan kecil itu, kamu bisa menghafal sebelum ujian dimulai.

  1. Tentukan Target
Menentukan target yang akan dicapai pada ujian yang akan datang. Belajar akan jadi lebih semangat kalau kamu punya target. Misal, target nilai ulangan minimal tujuh. Target ini akan membantu kamu fokus kembali saat sedang suntuk belajar. Karena, punya target, konsentrasi belajar pada mata pelajaran yang sebelumnya mendapat nilai kurang memuaskan jadi lebih semangat. Tentunya agar nilai ujian berikutnya bisa lebih bagus.

  1. Meminta Bantuan Orang Terdekat
Mintalah bantuan dari orang terdekatmu, bisa kakak, orang tua, atau sahabat, untuk membantu proses belajar. Misalnya, membantu tanya jawab. Jangan malu untuk mengungkapan kesulitanmu. Siapa tahu mereka punya solusinya. Kalo memang di butuhkan, bisa ikut pelajaran tambahan di sekolah atau lesx di lembaga pendidikan.

  1. Jangan Berlebihan
Biasanya, SKS membuat orang belajar berlebihan sebelum hari ujian. walaulun baru belajar sehari sebelum ujian, jangan terlalu memaksakan diri. Jangan begadang sampai malam. Kita bisa mengantuk dan hilang konsentrasi saat hari ujian. Lebih baik belajar jauh-jauh hari. Jadi, menjelang ujian, kita tinggal mengulang lagi pelajaran yang pernah kita hafal.

  1. Hindari Cara Pintas
Daripada membuang waktu dan tenaga untuk memikirkan cara mencontek paling mutakhir, lebih baik kita memanfaatkan waktu untuk belajar. Boleh sih membuat catatan kecil yang bisa kita masukkan ke saku, tapi bukan untuk mencontek, melainkan untuk menghafal kapan saja dan dimana saja. Ingat, sekali kita mencontek, akan keterusan dan jadi kebiasaan buruk. Menyontek sama artinya kita kurang percaya diri dan akan selalu tergantung orang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar