Rabu, 16 November 2011


Faktor Penunjang Keberhasilan Dalam Mempelajari Bahasa Asing.

Perbedaan keberhasilan individu dalam mempelajari bahasa asing telah mendorong para ahli psikologi mengadakan penelitian untuk melihat faktor apa yang menyebabkan orang berhasil. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi :

  1. Bakat (Aptitude)
    Banyak pendapat yang mengatakan bahwa faktor yang membedakan keduanya, dalam menguasai bahasa asing adalah adanya bakat bahasa.
  2. Motivasi
    Motivasi merupakan dorongan dalam diri seseorang yang memacu orang itu untuk melakukan sesuatu, dimana dorongan ini didasarkan pada tujuan yang akan dicapai. Bila tujuan itu jelas dan menarik,maka orang itu akan mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan apa saja untuk mencapainya.
  3. Kesempatan (Opportunity)
    Kesempatan adalah mencakup semua kegiatan belajar baik di dalam maupun di luar kelas, dimana siswa secara aktif berlatih menggunakan bahasa yang sedang dipelajarinya. Manfaat berlatih telah pula dibuktikan secara ilmiah oleh Philip P.J. Pada tahun 1960, dimana hasil penelitiannya menunjukkan bahwa siswa mampu mengingat :
    10% dari apa yang mereka baca
    20% dari apa yang mereka dengar
    30% dari apa yang mereka lihat
    50% dari apa yang mereka dengar dan lihat
    70% dari apa yang mereka katakan
    90% dari apa yang mereka katakan sambil melakukan sesuatu.
    Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan menjalankan suatu peran akan lebih diingat oleh siswa, daripada bila siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan guru.
Sumber : Teori Belajar Bahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar