Untuk menarik konsumen terdapat dua motif yang harus diketahui yaitu Motif-motif
rasional dan motif-motif emosional.
Beberapa hal yang termasuk Motif Rasional adalah:
1. Mudah dalam pemakaian
2. Efisien penggunaannya
3. Kualitas terjamin
4. Jaminan dalam hal pemakaian
5. Dapat dipercaya dalam hal memenuhi kebutuhan
6. awet
7. Bertambah pendapatan oleh karenanya
8. Hemat dalam pemakaian
9. Hemat dalam pembelian
Beberapa hal yang termasuk Motif Rasional adalah:
1. Mudah dalam pemakaian
2. Efisien penggunaannya
3. Kualitas terjamin
4. Jaminan dalam hal pemakaian
5. Dapat dipercaya dalam hal memenuhi kebutuhan
6. awet
7. Bertambah pendapatan oleh karenanya
8. Hemat dalam pemakaian
9. Hemat dalam pembelian
Beberapa hal yang termasuk Motif Emosional adalah:
1. Menonjolkan si pengguna
2. Menyebabkan iri hati
3. Persaingan ekonomis
4. Kebanggaan pribadi
5. Kebanggaan yang ditimbulkan oleh benda itu
6. Sukses dalam bidang social
7. Keahlian
8. Pernyataan selera artistic
9. Pemililhan yang menyenangkan
10. Ambisi
1. Menonjolkan si pengguna
2. Menyebabkan iri hati
3. Persaingan ekonomis
4. Kebanggaan pribadi
5. Kebanggaan yang ditimbulkan oleh benda itu
6. Sukses dalam bidang social
7. Keahlian
8. Pernyataan selera artistic
9. Pemililhan yang menyenangkan
10. Ambisi
11. Naluri romantis
12. Kebersihan
13. Pemeliharaan anak-anak dengan baik
14. Pemuasan selera
15. Menyenangkan cita rasa
16. Komfort pribadi
17. Meringankan tugas-tugas berat
18. Perlindungan terhadap bahaya
19. kesenangan karena rekreasi
20. Hiburan
21. Mencapai kesempatan waktu luang lebih banyak
12. Kebersihan
13. Pemeliharaan anak-anak dengan baik
14. Pemuasan selera
15. Menyenangkan cita rasa
16. Komfort pribadi
17. Meringankan tugas-tugas berat
18. Perlindungan terhadap bahaya
19. kesenangan karena rekreasi
20. Hiburan
21. Mencapai kesempatan waktu luang lebih banyak
Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, fasafah yang
harus tetap dipegang adalah: Konsumen harus dianggap raja. Maksudnya,
konsumen harus diberi pelayanan sebaik-baiknya, dan nomor satu.
Disamping pelayanan (Service), hal penting yang turut
mendukung program pemasaran adalah iklan, komunikasi, dan informasi. Pola
pemasaran dewasa ini harus semakin aktif dan kreatif. Ia bahkan mesti dibuat
sedemikian rupa sehingga bukan lagi menawarkan sesuatu yang menjadi kebutuhan
masyarakat, melainkan menciptakan kebujtuhan masyarakat dengan menawarkan
sesuatu. Disinilah peran iklan membentuk opini masyarakat, sehingga mereka jadi
tertarik untuk mengonsumsi produk-produk kita.
Bagaimana cara melihat peluang pasar tersebut ?
Peluang usaha itu ada dimanapun, kapanpun, dan peluang itu
menguntungkan. Banyak orang mengalami kesulitan menemukan peluang usaha, karena
mereka sudah terlebih dulu berpikir apakah menguntungkan atau tidak, punya
kendala modal usaha. Jadi akhirnya, pikiran pun terkunci untuk menemukan
ataupun melihat peluang usaha.
ada satu peluang buat dicoba. Dulu kan sering tuh waktu
sekolah atau kuliah ataupun kadang dalam pekerjaan, ditugaskan membuat kliping
atau laporan yang memerlukan data-data. Nah, bagaimana kalau yang punya hobby
online/ browsing, membuat seperti kliping, tapi ini kliping online. Mungkin
keliatannya sepele, namun banyak orang memerlukan jasa seperti ini, apabila lingkungannya
tepat. Banyak orang-orang yang bekerja sekaligus kuliah, biasanya mempunyai
waktu yang terbatas, mereka memerlukan data namun tidak cukup punya waktu untuk
mencarinya. Bisa jadi (yang hobby dan berminat) membangun usaha di bidang
ini, modalnya kan gak besar tuh, modal online saja. Yang penting temukan dan
masuk ke “pasar” yang tepat. Ini contoh saja bahwa peluang wirausaha itu
sebetulnya ada di mana-mana.
Sumber : http://devisimpuru.blogspot.com/2011/09/mengumpulkan-info-dan-mengukur.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar