Rabu, 19 November 2014

Tugas 3

KASUS
Pada perusahaan Pertamina memiliki program CSR yang bertanggung jawab dan peduli untuk membangun hubungan yang erat pada masyarakat. Program tersebut diantaranya pada bidang pendidikan, bidang kesehatan anak, dan pada lingkungan & masyarakat.

TEORI
Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi jangka panjang terhadap satu issue tertentu di masyarakat atau lingkungan untuk dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kontribusi dari perusahaan ini bisa berupa banyak hal, misalnya : bantuan dana, bantuan tenaga ahli dari perusahaan, bantuan berupa barang, dll.

Lima Pilar Aktivitas Coprorate Social Responsibility
Dalam penelitian kali ini konsep Corporate Social Responsibility akan diukur dengan menggunakan lima pilar aktivitas Corporate Social Responsibility dari Prince of Wales International Bussiness Forum, yaitu (Wibisono, 2007,p.119) :
Building Human Capital
Secara internal, perusahaan dituntut untuk menciptakan SDM yang andal. Secara eksternal, perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui community development.
Strengthening Economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komunitas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.
Assessing Social Chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitarnya agar tidak menimbulkan konflik.
Encouraging Good Governence
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnis dengan baik.
Protecting The Environment
Perusahaan berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.

Keuntungan Melakukan Program Corporate Social Responsibility
1.      Mempertahankan dan mendongkrak reputasi dan image perusahaan
2.      Layak Mendapatkan sosial licence to operate
3.      Mereduksi Resiko Bisnis Perusahaan
4.      Melebarkan Akses Sumber Daya
5.      Membentangkan Akses Menuju Market
6.      Mereduksi Biaya
7.      Memperbaiki Hubungan dengan Stakehoder
8.      Memperbaiki Hubungan dengan Regulator
9.      Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan
10.  Peluang Mendapatkan Penghargaan



ANALISIS
Setiap perusahaan harus mempunyai program CSR dimana program tersebut dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitar dan perusahaan itu sendiri. Dengan program CSR tersebut hubungan perusahaan dengan lingkungan dan masyarakat sekitar lebih baik lagi. Pada perusahaan pertamina yang mempunyai program di bidang pendidikan menurut saya sudah cukup bagus dimana perusahaan mengadakan progam beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang cerdas, dan merenovasi bangunan sekolah yang sudah tak layak untuk dipakai. Kemudian pada bidang kesehatan menurut saya juga sudah baik karena kesehatan di Indonesia ini masih belum rata bantuan dananya dari pemerintah kita buuh instansi-instansi yang perduli dengan kesehatan anak-anak bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini.
Kemudian pada bidang lingkungan & masyarakat programnya juga sudah baik perusahaan telah peduli terhadap lingkungan dalam pelestarian alam, dan pertamina juga peduli dalam pembangunan infrastruktur sarana umum seperti jalan, jembatan dan sarana air bersih.


REFRENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar